• Ubuntu

    Ubuntu

    Ubuntu adalah salah satu proyek andalan debian. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakan desktop Linux yang mudah dipakai. Ubuntu dijadwalkan dirilis setiap 6 bulan sehingga sistem Ubuntu dapat terus diperbarui.Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali.

  • Fedora

    Fedora

    Fedora (bahasa indonesia : feˈdɔːrə) (sebelumnya bernama Fedora Core, kadang-kadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat.

  • Curabitur faucibus

    OpenSuse

    SUSE bermula di awal tahun 1990-an di mana Linux terdiri dari sekitar 50 keping disket dan dapat diunduh/diambil lewat internet, tetapi pengguna potensial yang memiliki koneksi internet tidaklah banyak. Kemudian S.u.S.E. GmbH menghimpun disket-disket Linux yang dapat dibeli (tanpa harus memiliki koneksi internet)

  • Debian

    Debian

    Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian berasal dari kombinasi nama Ian dengan mantan-kekasihnya Debra Lynn: Deb dan Ian.

  • Linux Mint

    Linux Mint

    Linux Mint adalah salah satu dari paket kejutan dari tahun lalu. Awalnya diluncurkan sebagai varian dari Ubuntu dengan codec media terintegrasi, maka kini telah berkembang menjadi salah satu yang paling user-friendly distribusi di pasar - lengkap dengan desktop dan menu custom, beberapa peralatan konfigurasi unik, yang berbasis web antarmuka instalasi paket, dan sejumlah edisi yang berbeda. Mungkin yang paling penting, ini adalah salah satu proyek di mana para pengembang dan pengguna berada dalam interaksi yang konstan, sehingga dramatis, pengguna-didorong melakukan perbaikan dengan setiap rilis baru..

  • Mandriva

    Mandriva

    Dari awal hingga versi 8.0, Mandrake menamai produk utamanya dengan Linux Mandrake. Sedang versi 8.1 sampai 9.2 dinamai Mandrake Linux.Pada bulan Februari 2004, Mandrakesoft kalah dalam suatu kasus di pengadilan terhadap Hearst Corporation, pemilik King Features Syndicate.

  • PcLinuxOS

    PcLinuxOS

    PCLinuxOS dimulai dari satu set paket RPM yang dibuat untuk meningkatkan versi-versi Linux Mandrake (sekarang Mandriva Linux). Paket-paket ini diciptakan oleh Bill Reynolds, packager (pembuat paket) yang lebih dikenal sebagai Texstar. Dari tahun 2000 hingga 2003, Texstar mengelola repositori dari paket RPM secara paralel dengan situs web PCLinuxOnline.

  • Linpus

    Linpus

    Waktu start landasan versi: itu adalah 10 untuk OS Cepat. Kolaborasi dengan Acer Aspire One pada distrubution, tampaknya menjadi titik awal untuk petualangan baru. Versi baru dari Linpus Linux Lite Moblin v2 sudah tersedia di download di website resmi (dengan a. iso 700 Mb) dan secara resmi meluncurkan di Computex 2009 di Taipei.

  • Backtrack

    Backtrack

    Backtrack dibuat oleh Mati Aharoni yang merupakan konsultan sekuriti dari Israel. Jadi merupakan kolaborasi komunitas. Backtrack sendiri merupakan merger dari whax yang merupakan salah satu distro Linux yang digunakan untuk tes keamanan yang asal dari whax sendiri dari Knoppix.

  • BlankOn

    BlankOn

    Nama BlankOn berasal dari nama penutup kepala beberapa suku/budaya yang ada di Indonesia, antara lain suku Jawa, suku Sunda, dan daerah lainnya. Dari asal kata tersebut, BlankOn diharapkan menjadi penutup atau pelindung dari ketergantungan dengan piranti lunak tertutup. .

  • Gentoo Linux

    Gentoo Linux

    Gentoo Linux pada awalnya dibuat oleh Daniel Robbins dengan nama Enoch Linux. Tujuan pengembangannya adalah untuk menciptakan sebuah distribusi Linux tanpa binari program yang terkompilasi dari awal(default) dengan maksud untuk memaksimalkan perangkat keras serta hanya memasukkan program yang dibutuhkan saja oleh pengguna.

  • Puppy Linux

    Puppy Linux

    Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan.

Rank The Top Three (by DistroWatch)

Senin, 27 Februari 2012

SundaraOS

    Sundara OS merupakan sistem operasi berdasar pada GNU/Linux Zorin OS dan Ubuntu. Kedua kekuatan inilah yang menjadi dasar kami untuk melangkah maju memasyarakatkan Free Open Source Software. Zorin OS dengan tampilan profesionalnya dan Ubuntu dengan tumpukan tutorial, banyak komunitas dan dukungan software. Sundara OS sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta yang sudah diserap oleh Bahasa Sunda "Sundara" yang berarti "tampan". Apabila disatukan "SundaraOS" memiliki makna "Sunda" yang "raos/enak", yakni komitmen kami untuk tetap menghadirkan konteksual kearifan lokal nusantara. Sundara OS dimulai dengan versi 1.33, yang berarti dibuat pada bulan Muharram 1433 H dan ke depannya diharapkan menjadi distro lokal untuk Tasikmalaya.


Untuk lebih dalam,


  1. SundaraOS berdasarkan Zorin OS 3.2 sehingga didapatkan aplikasi-aplikasi eksklusif seperti Sundara Look Changer, Internet Browser Manager dan Splash Screen Manager. Zorin OS 3.2 ini berbasiskan Ubuntu 10.04 LTS (Long Term Support) dengan Kernel 2.6.32 dengan Gnome 2.30 sehingga akan mendapatkan pembaruan secara cuma-cuma sampai dengan April 2013.
  2. Beberapa kelebihan utama yang dipaketkan:
  • Tampilan yang sudah disesuaikan dengan sistem operasi mainstream sehingga memperkecil kurva belajar;
  • Dapat memainkan semua format multimedia
  • AlQuran di LibreOffice;
  • Ratusan huruf untuk keperluan desain
  • Aksara Indonesia: Bali, Batak, Bugis dan Sunda
  • Kamus StarDict dengan basis data KBBI, Indonesia-Inggris, Inggris-Indonesia, Oxford Advanced Learner's Dictionary. Sunda-Indonesia, Indonesia-Sunda
  • Ekstensi FireFox seperti FlashGot, PrintPDF, Screenshot, SkipSkreen, Strata Reloaded. Ekstensi Google Chrome seperti FB PhotoZoom, Games AngryBird, Bookmark ke Grup-grup dan situs2 FOSS, dan beberapa bookmark bermanfaat lainnya.
  • PPA (Personal Package Archive) aplikasi-aplikasi seperti: VirtualBox, Gloobus Preview, Transmission, Elegant Gnome, Liferea, Pastie, Skype, Zetgeist, ejecter, JDownloader, Nautilus Elementary, GetDeb (untuk permainan), DropBox, Pidgin, Google Earth, GlobalMenu, Docky, Kazam ScreenCaster, Faenza Icon Theme, OpenShot, uGet, Google Chrome, Breathe Icon Theme, PlayOnLinux, Shotwell, Hotot, HandBrake, XBMC, Firefox Stable, Screenlets, Thunderbird Stable, Rhythmbox Webupd8, Webkit, Ubuntu Tweak, Bisigi Theme, Cardapio, Gstreamer, Shutter, GIMP, LibreOffice, PDFMod, BURG dan GNOME Split.
Daftar Aplikasi Bawaan Sundara OS 1.33
  1. Aksesoris
    1. Chmsee: membuka berkas HTML terkompilasi
    2. Gnome Split: memecah berkas (seperti HJSplit)
    3. Catatan Tomboy
    4. Kalkulator
    5. PDF Mod: menghapus, mengekstraksi dan memutrkan halaman PDF
    6. Penyunting Teks Gedit (seperti Notepad/Wordpad)
    7. Manajer Clipboard Pastie: mengatur apa yang Anda  potong (cut) dan salin (copy)
    8. Screenlets: aksesoris di destop Anda, seperti catatan, jam dinding, kalender, dll
    9. Shutter:  mengambil gambar destop dengan banyak fungsi dan plug in
    10. StarDict: Kamus yang sudah dilengkapi Indonesia-Inggris, Inggris Indonesia, Oxford Advanced Learner's Dictionary, KBBI, Sunda-Indonesia dan Indonesia-Sunda
    11. TuxCut: pemotong koneksi Internet pada jaringan yang sama (seperti NetCut)
  1. Grafis
    1. Blender: pembuat animasi 3D, modeling dan rendering (solusi dari 3D Max)
    2. Dia Diagram Editor: membuat diagram alur, topologi jaringan, dll (solusi dari Microsoft Visio)
    3. Pengolah Vektor Inkscape: membuat gambar vektor dengan format .SVG (format standar W3C) (solusi dari Corel DRAW)
    4. LibreOffice Draw: membuat diagram alur, logo, ikon sederhana
    5. GIMP (GNU's Image Manipulation Program): aplikasi pengolah gambar bitmap dan fotografi (solusi dari Adobe Photoshop)
    6. Scribus Desktop Publishing: membuat tata letak majalah dan publikasi lainnya (solusi dari Adobe InDesign)
    7. Shotwell Photo Manager: pengatur koleksi foto Anda
  1. Internet
    1. Empathy Chat Client: aplikasi obrolan multiakun
    2. Peramban Web Firefox: peramban web terakui di mana-mana
    3. Giver File Sender: berbagi berkas/folder dalam satu jaringan (dengan atau tanpa koneksi Internet)
    4. Google Chrome: peramban web dari Google
    5. Google Earth: menjelajah, melihat dan mencari  tempat-tempat di bumi
    6. GyachE Improved: aplikasi obrolan Yahoo!! dengan dukungan suara dan video,IMEnvironment, Buzz, dll
    7. Hotot: klien Twitter
    8. Klien Server Terminal
    9. Klien Sosial Gwibber
    10. Pembaca Feed Liferea: membaca feed situs favorit Anda tanpa harus membuka situsnya di peramban web
    11. Skype : mengobrol dan panggilan video Skype
    12. Thunderbird Mail: pengatur akun surel (email) Anda
    13. Transmission: pengunduh berkas *.torrent
    14. uGet Downloader: mengatur berkas unduhan Anda, integrasikan dengan FlashGot di Firefox(solusi dari Internet Download Manager)
    15. XChat Internet Relay Client: mengobrol dengan IRC (solusi dari MiRC)
  1. Pemrograman
    1. Geany: Integrated Developement Environment ringan dan gegas
    2. KompoZer: membuat halaman we (solusi dari Adobe DreamWeaver)
  2. Pendidikan
    1. Gcompris: seperangkat permainan edukatif untuk anak-anak, seperti belajar menulis, membaca, berhitung, dll
  3. Perangkat Lunak Islami
    1. Othman Quran Browser dan Zekr : membaca Alquran di Sundara OS
    2. Waktu Sholat Minbar: pengingat waktu sholat berdasarkan lokasi Anda
  4. Perkantoran
    1. Calibre: pengatur koleksi e-book Anda
    2. FoxitReader: pembuka berkas PDF
    3. HomeBank: pembukuan keuangan pribadi atau perusahaan
    4. LibreOffice:
      1. Base: basis data (solusi Microsoft Access)
      2. Calc: spreadsheet (solusi Microsoft Excel)
      3. Impress: presentasi (solusi Microsoft PowerPoint)
      4. Writer: pengolah kata, sudah dilengkapi Quran (solusi Microsoft Word)
    5. Lyx Document Processor : penyunting WYMISWYG (What You Mean Is What You Get), cocok untuk dokumen resmi skala besar, seperti dokumen skripsi, penelitian, dll
    6. xCHM: membuka berkas HTML terkompilasi
    7. Rainlendar2: manajer tugas, rencana kegiatan berdasarkan tanggal di destop berupa kalender
  5. Permainan
    1. Chess: catur 
    2. Gbrainy: asah otak Anda, menantang kemampuan logika, verbal, kalkulasi, dan ingatan Anda
    3. Glines (solusi dari Minesweeper)
    4. Mahjongg
    5. PlayOnLinux: memasang permainan-permainan yang berjalan di Windows
    6. Quadrapassel: tetris di Sundara OS
    7. Soltaire AisleRiot; bermain kartu 
    8. Sudoku: mengasah kemampuan logika dengan sederet angka
    9. WarZone 2100: permainan strategi perang tank
  1. Sains
    1. RKWard: pengolah data statistik berbasis bahasa R (solusi dari SPSS)
    2. SOFA Statistics: pengolah data statistik dengan wisaya
  2. Suara dan Video
    1. Audacity: merekam dan menyunting suara
    2. Avidemux GTK+: penyunting video
    3. Brasero Disc Burner : pembuat dan pembakar berkas CD/DVD (solusi Nero Image Burner)
    4. HandBrake: Transcode DVD dan media lainnya
    5. Gmediafinder: menonton video YouTube tanpa peramban web dan tanpa flash, dapat langsung diunduh
    6. JACK Control
    7. Kazam Screencaster: perekam destop
    8. Kios Webcam Cheese: mengambil foto dan video dengan webcam
    9. Mobile Media Converter: konversi berbagai format audio dan video di berbagai media 
    10. Openshot Video Editor: membuat dan menyunting video (solusi dari Windows Movie Maker)
    11. Totem Video Player
    12. Perekam Suara
    13. Rhythmbox Music Player: mendengarkan musik, radio Internet, melihat lirik, menyunting tag, dll
    14. TuxGuitar: menyunting dan memainkan tablatur gitar 
    15. VLC Media Player: pemutar suara dan video berbagai format
    16. Winff: konversi berbagai format multimedia Anda
  1. Tambahan khusus
    1. Sundara Look Changer: pengubah tampilan destop Anda dalam satu kali klik
    2. Wvdial: koneksi Internet dengan modem
    3. WINE (WINE Is Not Emulator): memasang aplikasi Windows di Sundara OS
    4. Internet Browser Manager: memasang dan menghapus beberapa peramban
    5. CompizConfig Setting Manager: gubah dan percantik destop Sundara OS Anda
    6. Ailurus: konfigurasi, bersihkan dan pemutakhir sistem Anda
    7. Oracle VirtualBox : solusi virtualisasi sistem operasi, menjalankan GNU/Linux, Windows, UNIX dari Sundara OS
    8. Ubuntu Tweak: mengatur lebih dalam Sundara OS
    9. Multimedia Out Of The Box
    10. Ekstensi, Permainan, Plugin dan Tema untuk FireFox dan Google Chrome (Flashgot, SkipScreen, Angry Bird, Facebook untuk Chrome, dll).


Download SundaraOS 1.33,
Download SundaraOS 3.33,



0 komentar:

Posting Komentar